Tuesday, January 15, 2019

Teknologi adalah sarana utama yang memudahkan hidup masyarakat dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Pengaruh teknologi semakin besar dengan hadirnya telepon pintar yang kian mempermudah masyarakat mengakses segala kebutuhan. Mulai perbankan, belanja, pemesanan tiket, bahkan layanan pesan antar makanan.

Aplikasi yang dipasang dalam telepon pintar itu memanjakan pemakainya dengan melulu sentuhan jari dan pasti saja jaringan internet.

BPJS Ketenagakerjaan dalam menyerahkan layanan untuk pesertanya pun memanfaatkan fasilitas dari pertumbuhan teknologi telepon pintar, yakni dengan menghadirkan software BPJSTKU, suatu inovasi yang menghadirkan fasilitas layanan dalam sentuhan jari.

Sebuah software berbasis mobile yang dipersiapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini memudahkan peserta dalam mengerjakan pengecekan saldo, klaim JHT, pelaporan permasalahan kecelekaan kerja, pencatatan online dan layanan informasi lainnya kapanpun dan dimanapun.

Direktur Perencanaan Strategis dan Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan Sumarjono mengatakan, software ini merupakan software generasi kedua, yang dikembangkan dari BPJSTK Mobile.

"Berbagai macam fitur ekstra kami sediakan melalui software ini yang adalah penyempurnaan dari software sebelumnya. Layanaan cek sisa JHT, pelaporan ketidaksesuaian upah atau jumlah karyawan, pelaporan permasalahan kecelekaan kerja, sampai promo diskon di merchant kerjasama, seluruh ada dalam satu aplikasi," ujarnya, dalam siaran tertulis ke TribunJatim.com, Jumat (21/12/2018).

Berdasarkan keterangan dari Sumarjono, sebelumnya, software BPJSTKU ini melulu tersedia pada platform Android, tetapi pada akhir tahun ini pemakai ponsel pibtar berbasis iOS sudah dapat mengunduh software ini di Appstore.

Sehingga perlu waktu tidak banyak lebih tidak sedikit untuk mengunggah software BPJSTKU ini ke dalam 2 mobile platform yang berbeda, sebab adanya kepandaian dan aturan yang diterapkan oleh setiap platform.

"Tapi setelah dilaksanakan percobaan dan berlangsung dengan baik dan fasih pada platform android, kami segerakan guna mengunggah software tersebut secara sah di Appstore, jadi guna Appstore memang membutuhkan waktu yagn lebih panjang," jelasnya.

Dengan cara cek iuran BPJS Kesehatan melalui HP ini diharapkan bisa memudahkan peserta untuk mengetahui iuran yang harus dibayar maupun tunggak.

No comments:

Post a Comment